Kelinci Rex, Pure, Cross, Back Cross, Lokal, Impor Apaan sih?

 Artikel di sini saya tulis dari sudut pandang cita rasa manusia. Manusia diciptakan dengan akal,pikiran untuk bisa menilai sesuai dengan cita rasanya dalam menentukan atau mencari nilai kesempurnaan secara manusiawi. Bukan untuk merendahkan ciptaan Tuhan.

Wiih,,dunia perkelincian ternyata sangat rame..dan tahukah anda, bahwa selalu saja da trending-trending topik terhangat dalam dunia perkelincian. Dan kali ini trending topik terhangat yang kami coba ulas dalam artikel kami berikut adalah Kelinci Rex, Pure, Cross, Back Cross, Lokal, Impor Apaan sih?


Dunia perkelincian Rex adalah Dunia yang sangat menarik untuk disimak. Mengapa demikian?  Karena dalam dunia Rex Indonesia diskusi-diskusinya selalu hangat untuk dibicarakan. Komunitas Rex di Indonesia bisa dibilang adalah komunitas pecinta kelinci yang paling besar dan paling aktif lo, daripada komunitas kelinci ras lain. Memang sie, Kami tidak melakukan kajian-kajian secara ilmiah. Survey yang kami lakukan hanya berdasarkan pengamatan kami pribadi disosmed.  Jika anda mengikuti perkembangannya pasti deh anda setuju dengan kami.

Yups, topik ini sudah pernah saya bahas pada artikel saya yang telah lalu yakni Kelinci Pure, Cross apa Lokal? tujuan kami sih hanya untuk menclearkan segala jenis pemahaman tentang menentukan kualitas kelinci. Namun kayaknya belum banyak yang membaca artikel kami deh, soalnya masih saja topik ini selalu hangat jadi perbincangan.

Masalah ini sie sebenarnya hanya masalah pemahaman yang berbeda dari masing2 peternak. Ada yang memahami dengan benar, namun ada juga yang memahami dengan kurang benar karna hanya hanya mendengar secara letterleg, mendengar lalu menerapkan tanpa mencari tahu dulu kebenarannya. Terlepas dari benar atau salah, yang menjadikannya hangat adalah pemahaman yang kliru dalam dunia rex ini lama kelamaan bukan malah luntur namun malah menjamur..wehehe..

Siapa Sih yang salah? Dan siapa sih yang benar? yuk Kita Lanjut Baca Lagi di Bawah ini Gan!! Jangan Sampai Ngantuk karena baca terlalu panjang..hehe..

Belakangan ini, Dunia perkelincian makin dibingungkan dengan pemahaman baru peternak yang makin banyak mencari kelinci dengan mempertanyakan kualitas Kelinci Pure, Cross, Back Cross, Cross n Cross, Lokal, Impor . Namun bagi peternak yang bermain kualitas, pertanyaan seperti ini akan sangat membuat bikin pusing dan pijat-pijat kepala... Loh Kualitas kok Pure, Cross, Back Cross, dan lucunya cross n cross? Wkwkwk...mengapa bikin pusing? yah karena istilah ini saja sebenarnya kurang dipahami si penanya, artinya banyak kalo gak dijelasin. Masalahnya, arti yang di pahami pemain kualitas, lebih banyak beda pahamnya sama si penanya..gimana gak pusing

Yang Namanya Kualitas itu ya Kualitas Show, Brood, Atau Pet. Cross maupun Back Cross itu kan istilah dalam teknik breeding. Parahnya,,Istilah-istilah yang bermunculan ini hanya sering kita dengar dari golongan pemain Rex..di ras lain sie, lempeng-lempeng aja..Tuh kan..Rex gitu Loh...

Ada pertanyaan Begini namun sebenarnya saya tahu maksudnya, Dan karena pertanyaannya kurang Tepat (ambigu), maka dalam hal ini saya perlu jabarkan.

Si A bertanya:
1. Mas? Tuh Kualitas kelincinya rexnya pure atau cross atau Backcross?
 Penjelasan:
 Maksud Kualitas Pure bagi Si-A
Apa itu Pure yang dimaksud oleh yang bertanya ini? Pure yang dimaksud Si- A adalah kelinci yang mempunyai Kualitas seperti kualitas Show. Anehnya karena kebanyakan penanya-penanya seperti si A ini belum begitu mengerti kualitas, Mayoritas kualitas pure yang di maksud Si-A ini hanya berfokus pada Kualitas Bulu saja dengan mengacuhkan kualitas Body,dll. Maksudnya Pure yang di maksud adalah Kelinci Rex yang Kualitas Bulunya sama dengan yang biasa dikonteskan (sama dengan Kualitas Impor). Entah itu kualitas show, brood atau pet, pokoknya intinya bulunya harus yang bagus.

Contoh Kasus yang sering terjadi: "Soalnya saya pernah pegang, kalau bulu kelinci pure itu tidak sama dengan Lokal."

Bagaimana jika yang dimaksud Pure oleh si A ini adalah Kualitas Show yang sebenarnya? kasus kayak gini juga ada, namun minoritas.

Tapi Bagaimana kalau saya salah menafsirkan maksud si penanya ini? percaya deh, dari pengalaman 95% pasti akurat. 5 %nya lagi bisa jadi sih, Pure yang di maksud adalah jenis murni yang tidak silangan. Masalahnya yang tanya ini kebanyakan sdh biasa main rex, sudah jelas-jelas tuh kelincinya kelinci rex, eh masih aja tanya tuh rex pure a gan?

Nah dari arti pure yang saya jelaskan di sini saja sudah ada 3 arti, kita harus pinter-pinter nebak yang di maksud penanya. yang banyak sih, jadi diskusi yang panjaaaaaaang...Hal inilah yang membuat pusing dan pijat-pijat kepala para pemain kualitas. Wkwk..


NB:
- Lokal: yang dimaksud dengan lokal disini adalah kualitas kelinci rex yang mempunyai kualitas pet, Sedangkan Kualitas Pet sendiri adalah Kualitas yang sudah jauh dari SOP. Jika dibreeding/ diternakkan, keturunannya juga sangat sulit untuk memunculkan kualitas yang sesuai SOP. Untuk memperbaiki kualitas Pet, Sudah pasti butuh waktu bertahun-tahun dari banyak generasi untuk menghasilkan kualitas kelinci yang sesuai SOP.

- Kualitas SHOW = Kualitas kelinci yang sesuai dengan SOP (Standar of Perfection) maksudnya Body,Bulu, Warna, Patern Warna, dan kriteria-kriteria yang lain memenuhi standar kriteria penilaian.

- Istilah PURE sebenarnya disini yang di maksud adalah Pure Breed. Pure Breed adalah istilah dalam Breeding, yakni Kelinci yang bisa menghasilkan genetik yang konsisten pada turunannya. Pure Breed adalah istilah dalam program breeding dimana dalam sejarahnya, istilah ini dipakai untuk menentukan jenis yang baru diketahui atau mencari jenis baru. 

Contoh yang sudah banyak kita ketahui bersama pada Kelinci Holland Lop. Pada Awal mulanya ras kelinci holland tidak muncul dengan sendirinya. Holland Lop diperoleh dari beberapa perkawinan silang dimana dalam pengembangannya hasil keturunannya tidak membawa lagi genetik-genetik resesif dari moyangnya (jenis awal mulanya :ND,Frenchlop,Englishlop), sehingga keturunannya konsisten hingga sampai saat ini. Holland lop ya holland lop seperti yang sekarang kita kenal, Bukan Hollandlop namanya kalau anakannya masih keluar mirip ND, mirip French Lop, mirip English Lop, mirip campurannya ND dengan Frenchlop, dsb,,dsb,,dsb. Inilah yang dimaksud dengan PUREBREED.

Kadang Setelah membaca ulasan saya barusan, teman kita yang terburu-buru mengambil kesimpulan, ingin menciptakan ras baru dengan menyilang-nyilangkan antar ras, lalu mereka meyakinkan pada teman yang lain, ini lo ras yang baru saya ciptakan, genetiknya sudah stabil seperti ini. Ini Kelinci Pure Breed hasil buah breeding saya? Apakah Semudah Itu?

Kebanyakan dari teman kita yang melakukan hal itu adalah pemula yang terlalu tergesa2, padahal mereka belum menguasai benar ilmu/pengetahuan dalam perkelincian. Jika anda merasa telah menciptakan ras baru, maka ras baru ciptaan anda itu sudah seharusnya mendapat pengakuan terlebih dahulu dari pakar kelinci ras (paling tidak breeder2 yang sudah diakui indonesia). Jangan Seenaknya sendiri anda mengenalkan kelinci ras baru, tanpa tahu seluk beluk kelinci, bisa jadi anda yang habis-habisan di Bully masyarakat yanh paham tentang kelinci. Lebih bagusnya lagi, Ke Absahan Purebreed adalah jika anda sudah mendapatkan pengakuan dari ARBA (Asosiasi Breeder kelinci Dunia). Jadi Semua ada prosesnya gan, gak asal njeplak..hihi

Maksud Kualitas Cross bagi si A?
- Cross yang dimaksud si A ini sebenarnya adalah Kualitas Pure sebagiamana yang saya maksudkan pada ulasan di atas yang dikawinkan dengan kualitas Lokal ( yang di Maksud Lokal disini adalah Kualitas Pet). Yang di maksud cross di sini bisa jadi Kualitas kelinci Show lawan Pet, Brood Lawan Pet, Atau Pet lawan Pet? Lah Pet yang gimana nih..? ya itu tadi, kalau yang di maksud penanya adalah pure yang bisa jadi Pet tapi Bulunya masih bagus.

Padahal sebenarnya Cross dalam teknik breeding adalah Cross Breeding, Artinya adalah mengawinkan jenis kelinci Ras satu dengan Kelinci Ras yang lain (perkawinan Beda Ras) Contoh: Kelinci Rex kawin dengan Hollandlop, Rex Kawin dengan Anggora.

Maksud Kualitas Back Cross Bagi Si A?
Pengertian Backcross bagi si A yang bisa saya pahami adalah hasil dari anakan Cross (sebagaimana yang saya maksud dalam ulasan saya tentang cross di atas),di kawinkan lagi dengan kualitas pure (Sebagaimana yang saya maksudkan pada ulasan pure di atas).

Jadi Simpelnya begini, Anakan dari Kualitas kelinci Show lawan Pet, Brood Lawan Pet, Atau Pet (Pet tapi Bulunya masih bagus) lawan Pet dikawinkan lagi dengan kualitas Pure (Maksudnya Pure yang di maksud adalah Kelinci Rex yang Kualitas Bulunya sama dengan yang biasa dikonteskan (sama dengan Kualitas Impor). Entah itu kualitas show, brood atau pet, pokoknya intinya bulunya harus yang bagus.)

Itu sih gak simpel gan, Belibet yang bener..Alias Mbulet Bin Mbulet..

Pengertian Back Cross yang bener dari teknik breeding adalah Kelinci yang sudah dikawin silangkan, kembali lagi dikawinkan dengan dengan salah satu jenis ras yang dikawinkan tersebut.
Contohnya Begini: Holland lop anda kawinkan dengan Fuzzylop, lalu anakannya anda kawinkan kembali dengan jenis Holland Lop. dan sebaliknya.

Maksudnya Cross n Cross?
Duh, nggak deh aku jelasin yang ini, terlalu dalam ntar masuk jebakan batmannya...ulasan saya di atas saja saya yakin sudah banyak yang bikin pembaca ikut pusing.

Jika sudah membaca ulasan saya di atas masihkah anda bertanya kelinci rexnya kualitas pure, cross, Back Cross?

Jika anda ingin memiliki rex kualitas bagus, Cukup cari saja atau bertanya saja mas, punya kelinci rex kualitas brood atau kualitas Show Nggak? udah beres dan gak belibet. Artinya apa?

Kualitas Show 

Sebagaimana yang telah saya ulas di atas, bahwa kelinci rex kualitas Show adalah kualitas yang memenuhi persyaratan dalam perlombaan. Kelinci ini sangat memenuhi kriteria-kriteria standar penilaian (SOP). Kualitas Show adalah kualitas tertinggi dalam menentukan kualitas kelinci. Jika anda mencari kualitas yang mendekati sempurna, maka kualitas showlah jawabannya. Ingin mempunyai yang lebih sempurna lagi? maka carilah kelinci show yang telah mendapatkan predikat juara (BOB). Ingat, Show yang saya maksud disini adalah kontes yang memakai standar penilaian SOP ARBA. Apa itu SOP ARBA? tidak cukup jika saya ulas detail SOP ARBA di artikel ini. Yang perlu anda tahu bahwa SOP ARBA itu adalah standar penilaian kesempurnaan yang di akui DUNIA dengan disahkan dan dikeluarkan oleh Asosiasi Peternak Kelinci Amerika/Internasional (ARBA). Dengan begitu, apakah anda masih meragukan kualitasnya? Jangan sampai deh sudah dikasih tahu ini kualitas show pakai tanya ini dari hasil anakan cross, backcross, pure, impor dll.  Salah tempat kalau tanyanya seperti itu.

Namun anda juga jangan sembarangan mencari kelinci kualitas show namun ke peternak yang belum kredibel. Sebelum mencari, pastikan anda sudah membuat list pilihan peternak yang sudah anda yakini kredibel. Anda yakin dengan pilihan anda, baru anda bertanya! Jangan bertanya dulu lalu anda meragukan orang yang anda tanyai. Contoh: "ini bener kualitas show? ini bener kualitas brood, gak nipu? nanti kalo anakannya jelek gimana? nanti kalau di Diskualifikasi waktu lomba gimana?" STOP! Hindari yang kayak gitu, biar gak bikin orang tersinggung. Walaupun anda bertanya, namun anda harus tetep smart dan etis. Anda Ragu ya Jangan Beli, tidak ada peternak yang sempurna! Peternak Juga manusia, yang tidak akan luput dari kesalahan. Yang menentukan kualitas peternak adalah kredibilitasnya.! Karena perlu di ingat juga, selain genetik yang menentukan, siapa yang merawat juga pasti akan beda hasilnya. Jangan sampai anda yang merawat kurang maximal, lalu kembali lagi menyalahkan penjualnya.

 "Om SOP ARBA apa ada bukunya? pingin tahu nih isinya"
Tentu saja ada mas, anda bisa membeli bukunya pada saat even kontes ARBA di Indonesia.

Baca Kualias Show Selengkapnya di sini: (InsyaAllah baru akan dilengkapi pada kesempatan yang akan datang)

Kualitas Brood

Makna kualitas brood sendiri adalah kelinci yang masih sangat cocok untuk diternakkan, dan masih mempunyai potensi besar untuk menghasilkan kualitas Show. Jika kelinci anakan anda yang katanya dari sesama brood SEMUA anakannya selalu menghasilkan kualitas Pet maka itu bukanlah kelinci kualitas brood.

Baca Kualitas Brood Selengkapnya di sini: (InsyaAllah baru akan dilengkapi pada kesempatan yang akan datang)


Kualitas Pet

Seperti yang sudah saya ulas di atas, Kualitas Pet adalah Kualitas yang sudah jauh melenceng dari SOP. Anakan dari kualitas Pet selalu menghasilkan keturunan yang sangat tidak/kurang memuaskan jika diukur dari standar kesempurnaan yang telah dipatenkan. Untuk mendapatkan keturunan show dari pet kawin pet sangat mustahil (karna itu rumus hakikat pet). Hakikat pet yang telah dipatenkan sendiri menurut standar kesempurnaan yang telah ditetapkan bersama adalah kelinci yang hanya cocok untuk di pelihara untuk kesenangan, sangat tidak cocok untuk dibreeding/diternak karena hasil keturunanya selalu menghasilkan keturunan yang kurang bagus. Jadi bukan berarti tidak bisa beranak atau tidak bisa dibreeding.

Baca Kualitas Pet Selengkapnya di sini: (InsyaAllah baru akan dilengkapi pada kesempatan yang akan datang)

Bersambung dulu.....





Kelinci Rex, Pure, Cross, Back Cross, Lokal, Impor Apaan sih? Kelinci Rex, Pure, Cross, Back Cross, Lokal, Impor Apaan sih? Reviewed by Ardya Garini on 15:24 Rating: 5

15 comments:

  1. Bagus artikelnya. Saya tahun 2010 beternak kelinci khusus Rex. Dan rencana akan memulainya lagi tahun ini. Lha kok sekarang ada istilah2 yang bikin ane pusing, bc,pure,pet dll. Itu istilah muncul kapan yak? Kalo yang saya pelajari memang standard yang benar acuannya ya dari ARBA. Body, bulu, bobot, warna dll. Kalo sesuai berarti mnrt maya udah bagus.kalau misal muncul warna lain selain standard ARBA misalnya, berarti silsilahnya udah rusak gitu aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut memerhatikan mas .. aku juga bingung

      Delete
  2. Makasih atas artikel pembelajaran yang anda unggah .
    Sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  3. Ikut belajar
    Mksh artikelnya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  4. Ikut menyimak, apa mungkin ya gan kalau banyak peternak yang menyilang kan dengan jenis lain,

    ReplyDelete
  5. Terimakasih penjelasannya. Ulasannya Mantappp dan memusingkan gara2 istilah.
    Jangan2 nanti nambah lagi istilah2 lain...

    ReplyDelete
  6. Tapi kebanyakan di daerah saya yang di breeding yang jenis pet, daya jualnya lebih laku karena harganya terjangkau

    ReplyDelete
  7. JOSS INI BARU PENCERAHAN ..SEJALAN DG PEMIKIRAN SAYA YANG KADANG BINGUNG DG PEMBICARAAN BREDING2 KITA,BICARA TP TDK TAU YG DI BICARAKAN...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.