Program Breeding Kelinci Rex Castor

Foto di Atas adalah Rex warna Castor Hasil dari Breeding kami Ardya Rabbitry yang saat ini berusia 5 bulan. Dalam Bermain kualitas rex, kita harus mempunyai strategi breeding yang benar. Karena jika asal-asalan nantinya hasil yang kita peroleh akan semakin jauh dari kualitas yang kita harapkan.

Dalam program breeding warna castor, apa yang tidak boleh lakukan adalah mengkawinkannya dengan warna lain. Jika anda memaksa mengawinkannya dengan warna lain, maka warnanya akan cenderung rusak, dan akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa memperbaikinya kembali.

Castor adalah warna yang spesial. Bisa dibilang Castor adalah warna original yang dimiliki rex. Saat rex pertama kali ditemukan di Perancis dan dikembangbiakkan disana, warna yang dimiliki rex hanyalah castor. Baru kemudian pada dekade2 selanjutnya, warna rex baru mulai dikembangkan di Amerika sehingga menghasilkan warna yang bermacam-macam seperti saat ini.

Dalam Program breeding kami, Target hasil kualitas yang kami inginkan minimal harus seperti foto di atas. Kurva Body dan kualitas Bulu adalah poin utama yang selalu menjadi fokus perhatian kami dalam program breeding. Walaupun sudah cukup memuaskan bagi kami dari segi bulu dan body, Castor yang kami miliki di atas masih memerlukan penyempurnaan yang lebih detail seperti pada bagian warna dan ring color. Yah walaupun sebenarnya di samping itu kami juga masih mengupayakan untuk mencari genetik Body yang bisa selalu stabil dengan kualitas bulu yang benar-benar premium.

Bukanlah hal yang mudah untuk mendapatkan kelinci yang berkualitas, apalagi dengan materi bahan yang terbatas. Tidak semua dari anakan hasil breeding anda akan menghasilkan kualitas yang sama. Jika genetik kualitas yang anda miliki belum stabil, maka biasanya akan banyak sekali hasil yang perlu anda Culling (seleksi yang tidak layak = Pet). Namun jika yang harus anda culling sudah sedikit dan lebih banyak menghasilkan kualitas bagus (Show/brood) maka hal itu menandakan bahwa program breeding anda sudah berhasil dan memiliki genetik yang stabil.

NB: Jika kita berbicara soal bermain kualitas, maka hukumnya wajib bagi kita untuk bisa konsisten terjun dalam mengikuti Show/Kontes. Show/Kontes adalah patokan bagi kita untuk mengukur sejauh mana hasil kualitas breeding dari kandang kita (Evaluasi). Dan Alhamdulillah saat ini Show/Kontes Kelinci Nasional di Indonesia sudah mulai ramai dan mempunyai Juri-Juri yang kredibel berkualitas Internasional, termasuk mendatangkan Juri Langsung dari Amerika (ARBA).
Program Breeding Kelinci Rex Castor Program Breeding Kelinci Rex Castor Reviewed by Ardya Garini on 22:09 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.