Harga Kelinci Rex Pure (kualitas brood & Show)


Antusiasme masyarakat terhadap kelinci rex sangat besar, terutama dikalangan peternak. Melihat kelinci rex berkualitas semakin banyak bermunculan seiring dengan rutin digelarnya kontes di Indonesia, membuat bergetar banyak hati peternak rex untuk segera ingin memiliki. Sayangnya kadang masih ada juga peternak pemula yang kurang begitu tahu kualitas rex. Contohnya saja beberapa hari lalu saya lihat ada beberapa peternak yang mengiklankan kelinci rex pure dengan harga 35 ribu rupiah. Dalam kejadian ini, banyak teman-teman peternak berpengalaman yang heboh dan tidak sedikit juga yang membully karena sudah dijelaskan bahwa kelincinya kualitas lokal / silangan pun si peternak pemula ini tetep ngeyel dengan kualitas kelincinya.

Saya prihatin jika terjadi permasalahan seperti di atas. Muncul kejadian seperti di atas karena bisa saja si peternak pemula tersebut, medapatkan info yang kurang benar ketika dia membeli bibit. Di antara pedagang kelinci memang masih banyak juga yang kurang mau belajar memahami kualitas atau tidak peduli dengan hal tersebut dan memegang prinsip "asal dagangan laku". Kalau penjual sudah berprinsip seperti maka hal ini sangat susah, kualitas silanganpun bisa dianggap pure, atau memang sengaja dibilang pure karena memang tujuannya yang penting laku. Tapi bagaimana resiko yang ditimbulkan? Resiko yang paling banyak saya temui adalah banyak peternak pemula atau pecinta kelinci pemula yang jadi korban. Belakangan, juga akan berdampak seperti efek domino yang membuat wawasan masyarakat yang masih awam banyak yang memahami secara salah kaprah.

Oleh karena itu, dalam artikel saya berikut saya akan mencoba membantu sedikit memberikan informasi mengenai kelinci rex pure yang dipahami oleh banyak peternak berserta dengan kisaran harga jualnya.

Sudah saya utarakan pada artikel-artikel saya sebelumnya, bahwa istilah PURE sebenarnya masih sangat rancu jika digunakan untuk menentukan kualitas. Kerancuan ini tidak lain adalah karena banyak sekali perbedaan pemahaman pada masing-masing peternak. Supaya anda lebih paham masalah ini, Anda bisa membaca terlebih dahulu artikel saya tentang penjelasan kelinci Pure, Cross dan Lokal pada artikel saya sebelumnya. 

Sebagai breeder yang fokus dalam kualitas kelinci rex, tentu saja kelinci rex yang kami kembangkan disini secara RAS bisa kami pastikan adalah kelinci rex pure (murni rex).

Kata Pure disini bermakna menegaskan "Ras" , artinya bukan ras silangan atau ternodai dengan ras campuran. Yang membuat rancu adalah kadang sebagian breeder menggunakan kata pure dalam istilah kualitas. Contoh yg selama ini terjadi : rex pure = rex import, rex pure = rex show, Rex pure = rex bagus, rex pure tidak sama dengan rex lokal, rex pure sama saja dengan rex lokal asalkan tidak pernah disilangkan, dan sebagainya dan sebagainya.

Mungkin semua pemahaman ini tidak salah, namun akan sangat membingungkan ketika kedua peternak memiliki 2 pandangan yang berbeda, terutama dalam kasus jual beli.

Oleh karena itu, saya pribadi, dan banyak Breeder-breeder kelinci berpengalaman biasanya cenderung tidak memakai istilah pure dalam menentukan kualitas, kita lebih memilih menggunakan istilah Pet, Brood dan Show dalam menentukan Kualitas kelinci, dengan catatan bahwa rex yang kami miliki benar-benar ras Pure/ Murni yang tidak jauh melenceng jauh dari standart SOP.

Untuk lebih memperjelas masalah pemahaman ini, sebaiknya kita juga lebih mawas diri menerima kenyataan dari dilema yang ada, bahwa yang terlanjur dipahami hampir seluruh peternak bahwa rex lokal = rex jelek = berbeda dengan rex pure. Dengan Catatan bahwa penggunaan kata lokal disini bermakna kualitas, bukan lokal yang bermakna produk dalam negeri.  Bisa Anda tarik kesimpulan bahwa rex lokal sama dengan kualitas pet, atau lebih jelek dari kualitas pet itu terserah anda, tergantung bagaimana anda memahami isi penjelasan saya diatas.

Dalam Artikel ini, Informasi harga yang akan kami informasikan adalah rex pure yang berkualitas Show dan Brood, Kualitas show atau brood adalah kelinci yang kualitasnya masih sesuai standar kontes (SOP). Kenapa harus memakai standar kontes? Bagi anda yang masih awam, kontes adalah standar acuan yang paling mudah anda ikuti untuk mendapatkan kualitas kelinci yang benar-benar berkualitas.

Rex kualitas brood bisa berkisar di antara 1,3jt-2jt rupiah
Rex Kualitas Show bisa berkisar di antara 2,5jt - 5 juta rupiah.  Tinggi harga menyesuaikan potensi juara.

Kedua kualitas ini (brood & Show) adalah acuan yang sangat tepat bagi anda jika menginginkan kelinci rex yang benar-benar berkualitas pure. Saya tidak merekomendasikan kualitas Pet (harga berkisar 300-800rb) jika anda benar-benar ingin memiliki kualitas Pure dengan tanpa keraguan. Karena kualitas pet adalah kualitas yang sudah jauh melenceng dari standar kontes / SOP (standar kesempurnaan). Jika anda ternakkanpun, akan sulit sekali menghasilkan kualitas yang bagus.
Harga Kelinci Rex Pure (kualitas brood & Show) Harga Kelinci Rex Pure (kualitas brood & Show) Reviewed by Ardya Garini on 00:00 Rating: 5

11 comments:

  1. Tempat kualitas show dimana yg terpercaya, surat2 n silsilahnya ada dan jelas kah

    ReplyDelete
  2. Sampai berapa kg rex pure ?

    ReplyDelete
  3. Di peternak mana bisa dapetin kelinci rex kuslitas show

    ReplyDelete
  4. Dimana bisa belinya kelinci Rex kwalitas show..

    ReplyDelete
  5. dimanakah kita bisa menjumpai kelinci jenis rex pure

    ReplyDelete
  6. Saya ada rex pure sprti d gambar di atas

    ReplyDelete
  7. Dimana tempat untuk mendapat kan kelinci Rex pure WA 082163677588

    ReplyDelete
  8. Sy minat Ama Rex yg qualitas pure brood show,WA 082163677588

    ReplyDelete
  9. Rex pet , brood , show .... bisa WA.me/6282213088382 .. tx

    ReplyDelete
  10. Untuk standar SOP sendiri, itu bisa dilihat dimana ya gan?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.