Keutamaan Warna Black Solid pada Kelinci Rex yang Belum Banyak Diketahui Peternak.


Pict Source: 2016 Rex Nationals Weyauwega, WI

Artikel ini sangat penting untuk anda simak jika anda bermain pada peningkatan kualitas Rex.
 Di sini kami akan membahas Keutamaan Warna Black Solid pada Kelinci Rex yang belum banyak diketahui oleh peternak kelinci rex. Pada dunia kelinci Ras, Memang ada banyak keunikkan tersendiri jika membahas tentang warna. Beberapa warna bagi peternak bisa menjadi pro dan kontra untuk dipilih. Terjadinya Pro kontra ini karena bisa diakibatkan perbedaan latarbelakang dan Tujuan peternak.

Dalam bab ini, sebenarnya peternak kelinci bisa dibedakan kedalam 2 golongan yang berbeda latar belakang dan Tujuan.

Golongan yang pertama adalah Peternak Komersil. 

Yang kami maksud dengan peternak komersil adalah mereka yang berternak karena berawal dari ingin memiliki mata pencaharian dari berternak. Fokus utama bagi peternak komersil adalah bagaimana caranya untuk bisa menghasilkan keuntungan dengan berusaha semaksimal mungkin untuk meniadakan kerugian.

Segment pasarnya biasanya mengarah pada masyarakat yang masih awam terhadap kelinci (pemula). Pada segment pasar ini, Untuk jenis kelinci Rex biasanya warna Hitam sangat tidak diminati atau sangat pantang untuk dipelihara. Pasar ini cenderung lebih suka pada warna yang cerah-cerah dan salah satu yang paling banyak dicari biasanya adalah pola warna Broken.

Jika pada kelinci rex warna Black Solid tidak banyak diminati, hal ini sangat berkebalikan 180 derajat dengan pasar FG (Flamish Giant). Warna Black pada Flamish Giant merupakan warna yang paling banyak dicari dan digandrungi oleh banyak pecinta Flemish Giant (biasanya pemula, karena bagi mereka yang mengerti kualitas biasanya akan lebih memilih warna Sandy).

Golongan ke 2 adalah Peternak Hobbies 

Peternak Hobbies adalah  peternak yang jiwa berternaknya memang berawal dari besarnya kecintaannya terhadap kelinci. Golongan ini lebih menganggap bahwa berternak adalah jalan untuk menyalurkan kesenangannya dan keuntungan yang bisa diperoleh biasanya hanya dianggap sebagai bonus dari hobinya. Peternak Hobbies ini biasanya lebih fokus menekuni kualitas yang dihasilkan dan berusaha menjaga kualitas sesuai dengan standarnya. Biasanya breeder sejati atau Breeder Terkenal lebih banyak yang muncul dari golongan seperti ini.

Segment pasar Peternak Hobbies ini biasanya adalah sesama pemain, artinya sudah sama-sama memahami seluk beluk kualitas kelinci dan biasanya mereka rajin menghadiri kontes sebagai wadah untuk mengevaluasi hasil kerja kerasnya.

Berbeda dengan Peternak Komersil, dalam memainkan kualitas rex, Peternak Hobbies menganggap warna black solid mempunyai peranan yang sangat penting pada program breedingnya. Untuk mendapatkan warna rex yang berkualitas, maka program perkawinan harus memperhatikan rumus perkawinan antar warna. Dan di sinilah warna Black Solid mempunyai peranan yang sangat banyak daripada warna-warna lainnya pada rex.

Keuntungan Utama Warna Black Solid adalah sebagai warna standar yang paling banyak bisa digunakan sebagai alternatif untuk dikawinkan pada kelinci rex warna lain. Dalam Rumus perkawinan warna, memang hasil maksimal yang bisa dicapai biasanya lebih maksimal bisa dicapai dengan memadukan varian warna yang sama (kecuali Broken vs Broken). Namun begitu, Kadang untuk memenuhi setiap warna dikandang, maka populasi dikandang akan membengkak dan biaya perawatannya juga akan bertambah banyak.

Contoh: Di kandang kita memiliki induk berwarna Opal, Chinchilla, Blue, Chocolate dan Black Otter. Memang jika ingin mempertahankan kualitas warna, kita seharusnya juga harus mempunyai pejantan dengan warna Opal, Chincilla, Blue, Chocolate dan Black Otter. Namun dengan cara seperti ini biasanya biaya perawatan akan sangat berat, mengingat sebenarnya 1 ekor Pejantan saja sudah cukup untuk digunakan pada betina 4-5 ekor.

Untuk itulah daripada harus mempunyai 5 jantan dan 5 betina di kandang, sedangkan hanya betina yang bisa memproduksi anak, maka kita bisa mencari alternatif dengan menggunakan 1 pejantan saja yang warnanya masih bisa digunakan kepada ke 5 warna betina tersebut, yakni Black Solid.

 Berikut ini adalah Daftar Warna yang masih cocok jika dikawinkan dengan warna Black Solid sebagai alternatif, Yakni Opal, Blue, Chocolate, Chincilla, Tortoise, Black Otter, Broken Opal, Broken Blue, Broken Chocolate, Broken Chincilla, Broken Tortoise, Broken Black Otter, Broken Chocolate Otter dan Broken Black Otter.

Jika pada penjelasan di atas, Black Solid hanya digunakan sebagai Alternatif, maka di bawah ini kita wajib menggunakan black solid (pilihan utama) untuk dikawinkan dengan sesama Black Solid dan Broken Black.

Black Solid juga dianjurkan untuk digunakan pada Himi/Californian pada program generasi pertama untuk menguatkan pola warna hitam pada himi. Yang selanjutnya hasil keturunan ini digunakan lagi pada Himi/Californian.

Dengan alasan seperti inilah, kadang biasanya Seorang Breeder Sejati biasanya hanya Fokus pada sedikit warna saja. Biasanya mereka hanya fokus pada 2 atau 3 warna saja, Karena dengan sedikit warna yang mereka fokuskan, maka hasilnya akan lebih baik. Dengan bermain 2 atau 3 warna saja, maka mereka juga hanya membutuhkan 2 atau 3 pejantan saja dengan varian warna yang telah difokuskan.

Demikianlah Keutamaan Warna Black Solid pada Kelinci Rex yang bisa saya Share. Semoga Artikel ini bisa sangat membantu anda untuk bermain kualitas. Jika anda kebetulan berada di Area Malang, dan ingin belajar lebih banyak tentang kelinci rex, Maka jangan sungkan-sungkan untuk berkunjung di Tempat kami "Ardya Rabbitry"



Keutamaan Warna Black Solid pada Kelinci Rex yang Belum Banyak Diketahui Peternak. Keutamaan Warna Black Solid pada Kelinci Rex yang Belum Banyak Diketahui Peternak. Reviewed by Ardya Garini on 09:43 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.