Perkembangan Kelinci REX Indonesia dan Cara Menjaga kelestariannya.



Program breeding yang benar dan didasari oleh ilmu pengetahuan akan membawa anda menjadi seorang breeder yang bisa menghasilkan kelinci rex yang berkualitas tinggi. Rex sudah lama sekali datang ke Indonesia, namun karena kurangnya wawasan dan perhatian akan kelestarian kualitasnya pada akhirnya rex-rex yang telah beredar lama di Indonesia ini bisa dibilang peranakannya sudah rusak total dan sangat jauh dari standart rex yang sebenarnya.

Beberapa tahun lalu (mungkin mulai tahun 1999 ato 2000an ke atas)  Pecinta kelinci rex yang mempunyai perhatian tinggi terhadap perkembangan kelinci rex Indonesia, mulai mendatangkan beberapa kelinci rex yang berkualitas dari Amerika (pure). Tercatat breeder ternama Indonesia yg turut berpartisipasi dalam mendatangkan rex impor ini menurut sepengetahuan kami adalah dari SKR, QRI, NR, RBR, Fafa, dkk.
Dengan tujuan untuk memajukan lagi kualitas kelinci rex indonesia.

Karena keterbatasan bahan, beberapa beliau ini juga melakukan Beberapa percobaan program breeding untuk memurnikan lagi kelinci rex lokal yang telah beredar lama di Indonesia. Rex Lokal yang sudah jauh dari standar rex pure ini dikawinkan dengan skuad impor yg mereka datangkan. Sedikit demi sedikit mulai memperoleh hasil dan bisa dibilang saat ini telah berhasil. Butuh bertahun-tahun untuk benar-benar mendapatkan hasil yang sempurna ini, dan beliau-beliau ini melakukan proses culing yang sangat ketat. Begitu luar biasa pekerjaan mereka, sehingga saat ini perlahan-lahan kita bisa dengan mudah melihat dan memegang langsung kelinci rex yang sesungguhnya (pure).

Bagi kita yang saat ini sebagai penikmat, tanpa melalui perjuangan yang keras seperti Beliau-beliau ini, adalah sangat wajib bagi kita untuk paling tidak sebaik mungkin menjaga kualitas yang sudah susah payah mereka perjuangkan. Jika kita mempunyai Kelinci yang bagus, jangan sampai kita sembarang mengawinkan sehingga malah memperjelek keturunan.  Wajib bagi kita untuk paling tidak, selalu meningkatkan upgrade kualitas dan bukan malah mendowngrade Kualitas yang hanya semata-mata untuk mengumpulkan uang. Hargailah jasa mereka ini!

Salah satu Contoh Downgrade adalah mengawinkan betina yang sudah bagus dengan pejantan yang kurang bagus. Hal ini akan menyebabkan bertambahnya lagi populasi kelinci yang kurang bagus dari anakan si Betina. Maka hal ini sangatlah dilarang. Kalau bisa pakailah pejantan yang lebih bagus dari si Betina sehingga anakannya nanti akan mengalami perbaikkan (Upgrade), atau minimal yang setara kualitasnya. Lebih bagus lagi jika ternyata hasil breeding anda sangat jelek, masukin saja ke pedaging supaya tidak berkembang biak lagi dan makin merusak populasi.

Dalam melakukan Upgrade Kualitas, anda juga dituntut untuk tidak melakukan secara sembarangan. Setidaknya masukkan List Betina yang memang mempunyai potensi untuk diUpgrade, karena itu akan mempercepat waktu anda selama beberapa generasi. Jangan Pernah juga memakai sembarang betina jika anda memang bertujuan untuk meningkatkan kualitas.

Jika anda merasa seorang breeder, sangat wajib bagi anda untuk selalu memperkaya wawasan atau Ilmu yang benar dalam dunia breeding. Selalu perdalam wawasan anda tentang ras yang fokus anda geluti. Sharing dengan breeder berpengalaman adalah cara cepat yang bisa anda lakukkan untuk belajar. Banyak Breeder yang sangat murah hati untuk berbagi wawasan kepada anda, tapi biasakanlah untuk tidak bertanya hal yang tidak penting atau yang sebenarnya sudah bisa anda nalar sendiri. Kini banyak juga referensi-referensi luar negeri dari sumber yang akurat juga lebih mudah anda akses melalui jaringan internet.

Saya kira cukup sekian dulu artikel dari kami semoga bermanfaat, dan Maju terus Rexer Indonesia!





Perkembangan Kelinci REX Indonesia dan Cara Menjaga kelestariannya. Perkembangan Kelinci REX Indonesia dan Cara Menjaga kelestariannya. Reviewed by Ardya Garini on 23:54 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.