Tentang Kelinci REX



Kelinci Rex adalah jenis kelinci yang memiliki bulu yang paling halus diantara jenis kelinci lain. Beberapa pecinta kelinci yang masih awam, mereka kadang menyebut kelinci ini dengan sebutan kelinci bulu karpet. Kelinci rex yang benar-benar bagus sebenarnya bulunya tidak sama dengan tekstur karpet yang masih terasa kasar. Kelinci rex yang bagus mempunyai kesan yang terasa halus sekali jika dipegang dan membal pada saat kita tepuk-tepuk bagian bulunya. Makin membal dan empuk sehingga sangat terasa kepadatannya bisa menandakan bahwa kualitasnya semakin bagus. Standar kelinci rex yang bagus mempunyai panjang bulu antara 0,5 inchi atau 1,25cm hingga 7/8 inchi atau 2,2225 cm. Panjang idealnya adalah sekitar 5/8inchi atau 1,58cm.

Kelinci rex sebenarnya adalah kelinci Asli Prancis( pertama kali rex ditemukan) yang sudah lama dibudidayakan di Indonesia (belum menemukan sumber terkait siapa yang pertama kali membawanya ke Indonesia, kemungkinan sudah sejak jaman penjajahan dan didatangkan dari eropa). Semakin lama di indonesia perkembangan kelinci rex banyak yang mengalami penurunan kualitas. Hal ini banyak disebabkan oleh faktor SDM peternak pada waktu itu yang kurang bisa menjaga kualitas dan Suhu di Indonesia yang cenderung panas. Kelinci rex sebenarnya dapat mempunyai kualitas bulu yang sangat baik jika berada disuhu yang dingin. Suhu dingin memang sangat diperlukan oleh semua jenis kelinci yang mengutamakan kualitas Bulu. Selanjutnya kelinci rex yang sudah lama beradaptasi di indonesia yang sebenarnya kualitasnya juga jauh dari rex yang sebenarnya, biasa kita sebut dengan kelinci rex Lokal.

Beberapa tahun belakangan ini, geliat pecinta rex semakin mulai memperhatikan kualitas. Karena sudah terlalu banyak kualitas kelinci rex yang rusak, beberapa pecinta rex sejati rela menggelontorkan uang yang tidak sedikit untuk mengimpor kelinci rex yang benar-benar masih murni dan kebanyakan sekarang ini didatangkan dari Amerika. Berkat adanya media Internet, edukasi-edukasi tentang menjaga kualitas kelincipun mulai banyak disebar dan mudah didapatkan. Di dukung oleh pecinta-pecinta kelinci yang sangat dermawan dan sangat memperhatikan kelangsungan kualitas kelinci, alhasil beberapa kontes kelincipun dapat digelar. Tidak jarang pula kontes ini mendatangkan Juri langsung dari Amerika (ARBA) yang notabene biayanya tidak sedikit, dan dikumpulkan dari swadaya para pecinta kelinci saja. Kontes ini sangat berpengaruh besar terhadap motivasi peternak untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas, dan Alhamdulillah berkat mereka kita sangat berhutang budi sehingga saat ini sudah banyak para peternak yang mempunyai edukasi yang sangat baik tentang kelinci.


Tentang Kelinci REX Tentang Kelinci REX Reviewed by Ardya Garini on 23:01 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.