Sejarah Penemuan Kelinci REX






Kelinci Rex adalah salah satu kelinci yang banyak digemari pecinta kelinci Indonesia. Di antara jenis kelinci lain, bisa dibilang kelinci rex mempunyai bulu yang paling halus. Kelinci ini juga memiliki porsi daging yang cukup padat, karena memang pada dasarnya kelinci rex memang termasuk jenis pedaging.


Jika ditelusuri dari sejarahnya, kelinci rex baru ditemukan pada tahun 1919 di Prancis. Di temukan oleh seorang petani (beberapa sumber menyebut namanya Desire Carillon) disekumpulan peranakan kelinci yang masih kecil. Dia menemukan kejanggalan karena anakan kelinci tersebut berbeda dari kelinci-kelinci lain ditempat tersebut. Kebetulan petani ini mempunyai hubungan yang sangat baik dengan seorang peternak kelinci ternama dan disegani di Prancis yang bernama Monsieur Gillet. Petani ini memperlihatkan kelinci yang unik ini kepada Gillet, Gillet langsung tertarik dan menyuruh petani tersebut untuk mencari lagi kelinci yang sejenis ini ditempat yang sama. Namun setelah mereka mencari, mereka hanya menemukan seekor lagi kelinci yang sama, 2 ekor kelinci aneh inilah yang kemudian menjadi pondasi lahirnya jenis kelinci baru yang kemudian diberi nama Castor Rex oleh Monsieur Gillet.

Castor diambil dari warna kelinci yang telah mereka temukan dan seperti warna berang-berang. Berang-berang dalam bahasa perancis disebut sebagai Castor, sedangkan Rex diambil dari bahasa latin inggris yang berarti Raja. Ada sumber yang menjelaskan bahwa pada waktu itu, Raja Belgia (King Albert) sangat tertarik ketika melihat kelinci ini, Beliau kemudian membelinya sepasang dari Gillet. King Albert menilai bahwa kelinci ini sangat mempunyai potensi untuk dikembangkan, beliau kemudian mengenalkan kelinci ini terhadap mgkn semacam asosiasi peternak kelinci setempat. Melihat kelembutan kelinci ini dan  terkesan seperti bahan beludru saat dipegang, para juri memutuskan untuk tidak mendiskualifikasi kelinci tersebut. Mereka sangat terkesan akan keindahannya dan semua sangat menyukainya.


Hasil studi selanjutnya ditemukan bahwa keunikan bulu kelinci rex ini terjadi karena adanya mutasi gen. Kelinci REX ini kemudian baru diperkenalkan pertama kali kepada publik dalam Kontes Kelinci Internasional di Paris pada tahun 1924. Pada Ajang inilah kelinci rex mulai dikenal dunia dan segera setelah itu kelinci ini sangat diminati oleh banyak pecinta kelinci yang kepopulerannya tidak pernah surut hingga saat ini.  


Ada banyak peristiwa penting yang sangat mempengaruhi perkembangan kelinci rex setelah dikenalkan pada tahun 1924. Insya Allah akan kami bahas lagi pada artikel kami selanjutnya. Trimakasih




Sejarah Penemuan Kelinci REX Sejarah Penemuan Kelinci REX Reviewed by Ardya Garini on 07:57 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.