Persiapan Kelinci Sebelum kontes

Nama: Ardya/ZR's Athena
Breed: Rex
Color: Black Otter
Jenis Kelamin: Doe (Betina)
Kontes Kelinci ARBA di Jatim sudah semakin dekat, Kira-kira apa yang perlu disiapkan untuk mengikuti Kontes? Berikut adalah Tips dari Ardya Rabbitry yang bisa kami bagikan dalam melakukan persiapan untuk mengikuti kontes.
Pertama-tama tentu saja adalah menyiapkan kandidat atau calon kelinci yang akan diikutkan kontes.

Karena kami adalah breeder, maka jauh-jauh hari sebelum  kontes di adakan maka kami harus membuat schedule breeding (jadwal mengawinkan). Biasanya Schedule Breeding ini kami lakukan 5 atau 6 bulan sebelum kontes di gelar. Dengan masa hamil selama 1 bulan, maka target kami pada waktu kontes nantinya kandidat kelinci kami sudah berusia 4-5bulan.



Usia kelinci 4-5bulan masih termasuk dalam kelas Junior. Mempersiapkan kualitas kelinci junior memang lebih mudah dilakukan daripada mempersiapkan kelinci usia Senior (6Bulan Ke atas). Tantangan dikelas senior biasanya lebih berat dalam mempersiapkan kualitas bulu dan bobot. Apalagi jika kelincinya sudah indukkan, sudah pasti sangat sulit sekali untuk menjaga performanya. Makanya kadang2 beberapa breeder, dalam mengikuti kelas senior kelincinya kadang tidak dikawinkan dan hanya fokus pada karir untuk mengikuti kontes. Breeding dilakukan jika dirasa masa karirnya sudah habis (misal seperti nilainya sudah dirasa maksimal dan cuma mentok sampai di situ atau bisa juga performanya sudah semakin turun dan sulit untuk kembali ke performa yang maksimal).

Untuk mendukung maksimal performa pada waktu kontes nanti, maka perawatan harus benar-benar dimaksimalkan sejak usia sedini mungkin. perawatan yang paling utama adalah asupan gizi/nutrisinya. Hal ini harus benar-benar diperhatikan sejak dalam usia kandungan.

Setelah usia kurleb 1 bulanan, maka seleksi pertama sudah bisa kita mulai lakukan. Seleksi yang pertama ini adalah sesegera mungkin untuk memisahkan kelinci yang potensi perkembangannya kurang bagus dari induknya. Sehingga jatah asi anakan yang mempunyai potensi bagus tidak di ambil oleh anakan yang kurang bagus. Seleksi tahap ini mungkin agak sulit bagi kita yang masih kurang pengalaman.



Pada tahap ke 2 adalah tahap sapih, (1,5bln sampai 2 bulan). Pada tahap ini, kita tidak boleh ragu-ragu lagi dalam menentukkan mana potensi anakan yang bagus dan kurang bagus. Jika anakan yang potensinya bagus sudah kita pastikan, maka kita otomatis juga bisa lebih fokus dalam mengoptimalkan perawatan pada anakan kelinci yang berpotensi bagus. Usahakan pada usia ini sampai pada usia 4bulan nanti, asupan makanan dan minuman jangan sampai pernah telat.

Kira-kira Makanan apa yang bagus untuk menggenjot kualitas kelinci kita? Di Kandang kami, makanan yang kami berikan adalah pelet dan kadang kami beri tambahan hay atau rumput. Mungkin masih banyak dari kalian yang memberikan makan kelinci hanya dengan sayur atau kangkung? bagi kami sendiri daripada sayur, maka lebih baik rumput. Karena sayur mungkin mempunyai vitamin yang bagus, namun sangat sedikit sekali mengandung protein dan beberapa hanya sedikit mengandung serat. Jika anda mau coba survey kandungan gizi antara sayur dan rumput? maka sudah pasti anda temukan bahwa kandungan protein dan serat pada rumput jauh lebih tinggi daripada sayur.

Oke, sekarang pada tahap usia 3,5bulan. Pada usia ini, biasanya beberapa kelinci mulai mengalami siklus Moulting pertama (ganti bulu). Biasanya Siklus ini tidak bisa kita kapan dimulainya, namun biasanya siklus pertama ini mulai terjadi paling sering di usia 3,5bln - 5bulan. Jadi bisa dibilang Molting ini adalah tantang terbesar bagi kami para breeder pada kontes kelas Junior. Beberpa breeder mengatasi masalah moulting ini dengan cara berbeda, yang jelas makanan yang kita berikan juga sangat mempengaruhi kondisi moulting ini. Beberapa breeder ada yang memperbanyak hay atau rumput atau ada juga yang memberikan biji bunga matahari untuk mempercepat proses moulting ini. Dan sebagian ada juga yang memberikan makanan/pelet yang bisa dibilang cukup tinggi harganya dan terkenal bagus untuk mengatasi moulting atau memaksimalkan perkembangan bulu.

Apa saja boleh dilakukan, dan pilih saja mana yang sesuai dengan kantong kita saja dan jangan sampai memaksakan. Karena jika nanti kita memaksakan dan hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan takutnya nanti kita malah jadi kecewa dan patah semangat. Padahal seharusnya breeding itu kita lakukan dengan senang karena inilah yang menjadi Hobi kita. Bagi kami, kami yakin kok bahwa yang mempengaruhi bagus dan tidaknya kelinci kita itu pasti 75% dari genetik, selebihnya baru dari pakan, perawatan dsb. Pokoknya jangan sampai kekurangan gizi gitu aja deh, hehe.

Tips Yang terakhir yang bisa kami berikan adalah jangan lupa 1 bulan sebelum kontes, kita harus benar-benar memperhatikan kesehatan pada kelinci kita dan dan lebih aman jika kita lakukan pencegahan dengan memberikan pengobatan dini. Yakni mengobati sebelum muncul penyakit yang bisa muncul kapan saja pada saat jadwal kontes sudah sangat dekat. Karena jika nanti sakit pada waktu kontes, akibatnya bisa fatal, dan kebanyakkan sih di DQ (diskualifikasi). Beberapa penyakit yang sering muncul/menjadi kendala pada saat kontes adalah Scabies, Shorhock, Pilek. biasanya 3 penyakit itu saja yang sering menyerang ketika mempersiapkan kontes namun begitu tetep waspada pada penyakit lainya yah.

Oke deh itu saja Sedikit Tips dari kami untuk "Persiapan Kelinci Sebelum kontes". Semoga Bermanfaat..caaaw!


Persiapan Kelinci Sebelum kontes Persiapan Kelinci Sebelum kontes Reviewed by Ardya Garini on 06:15 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.