Liputan Hasil Kontes Kelinci Tingkat ARBA di Kediri - Jatim

          Kontes kelinci bertaraf internasional telah sukses digelar di Kediri-Jatim. Bagi anda yang belum mengikuti beritanya, Kontes ini tepatnya digelar kemarin pada hari Sabtu tanggal 19 Agustus 2017 di UNP kampus II Kota Kediri.

          Untuk menyelenggarakan kontes sebesar ini, tentu persiapannya tidak singkat. Jauh-jauh hari sebelum kontes digelar, selain mempersiapkan sarpras, lobi-lobi dsb, panitia juga telah melakukan berbagai upaya untuk melakukan sosialisasi kepada para calon peserta. Salah satunya adalah dengan menggelar beberapa sarasehan untuk mengenalkan bagaimana Kriteria penilaian dan Standar of Perfection (SOP) pada kelinci yang biasanya dipertandingkan dalam lomba. Sarasehan ini telah digelar di Kota Malang pada bulan Maret lalu jauh sebelum kontes diadakan.


Kontes Kelinci ARBA ini adalah yang pertama diadakan di Jatim, biasanya untuk mengikuti kontes ini, pecinta kelinci jatim rela jauh-jauh bepergian keluar Jatim yang selama ini lebih sering diadakan di daerah jawa Barat seperti Jakarta, Tangerang, Bandung dan Bogor.

Lalu apa sih yang membedakan Kontes Kelinci ARBA dengan Kontes kelinci yang lain? baca di sini

Pada kontes kemarin, setidaknya ada sekitar kurang lebih 140 ekor kelinci yang dipertandingkan dari berbagai macam ras yang di akui di ARBA. Kontes ini dihadiri oleh beberapa peserta dari berbagai daerah. Beberapa peserta yang saya kenal dan saya tahu berasal dari Banyuwangi, Jember, Lumajang, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Blitar, Batu, Malang, Tulungagung, Kediri, Magetan, Solo, Semarang, Purwokerto, Jogjakarta, Tasikmalaya, Bandung, hingga dari Bogor semua turut memeriahkan jalannya kontes ini. Tidak sedikit pula penonton yang masih awam tentang kelinci kontes juga jauh-jauh hadir untuk menimba ilmu dan pengalaman melalui sharing dan diskusi dengan para peserta. Tidak jarang pula, beberapa penonton dari pecinta kelinci yang masih awam tentang kualitas terlihat takjub ketika melihat kualitas kelinci yang dipertandingkan sangat berbeda sekali dengan yang mereka pelihara di rumah.

Pada kontes ini, persaingan yang paling seru bisa dilihat dari Ras Holland Lop dan Rex. Hal ini mungkin disebabkan jumlah peserta dari Holland Lop dan Rex adalah yang paling banyak. Untuk wilayah Jawa Timur sendiri, sebenarnya selain Holland Lop dan Rex, banyak juga breeder yang fokus di kelinci NZW, Fuzzy Lop dan Flemish Giant. Namun pada kontes ini, jumlah peserta dari ke dua ras ini terlihat sangat sedikit sekali. Jadi ini sebenarnya sangat disayangkan sekali. Beberapa breeder beralasan mereka belum cukup siap untuk terjun dalam kontes. Yah mungkin karena ini yang kali pertama, mereka agak sedikit minder dan lebih memilih menonton terlebih dahulu untuk menimba pengalaman.

Tidak sama seperti pada kontes-kontes sebelumnya, pemenang pada kontes ini sekarang lebih didominasi berasal dari Jatim. Jadi sebenarnya para breeder dari Jatim ini juga sudah menunjukkan peningkatan potensi yang bagus dalam dunia perkelincian dengan memiliki kualitas-kualitas yang sangat bagus pula. Memang untuk masalah kualitas kelinci, selama ini yang bagus lebih berkiblat dari daerah Barat, seperti Bandung, Bogor, dan Jogja. Hal ini dikarenakan ajang kontes di jatim masih sangat jarang diadakan, dan banyak pula pemain-pemain dari Jatim yang masih tergolong baru. Namun begitu, semangat para pemain dari Jatim ini saya lihat sangat luar biasa. Perlahan tapi pasti, para breeder dari Jatim mulai berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas kelincinya supaya bisa terus bersaing dengan didaerah-daerah barat.

Next Show yang saya tahu Insya Allah akan di adakan pada Bulan September di Tangerang (ARBA SHOW), Bulan Oktober di Magetan (Reguler). Bulan November di Malang (ARBA, msh sedikit belum jelas, nanti Insya Allah akan saya update lagi beritanya).

Oke, Sekian Saja Liputan saya kali ini, semoga dapat memberikan informasi yang berharga bagi anda para pecinta kelinci nusantara. Trimakasih dan Sampai bertemu kembali pada Artikel saya selanjutnya!




Liputan Hasil Kontes Kelinci Tingkat ARBA di Kediri - Jatim Liputan Hasil Kontes Kelinci Tingkat ARBA di Kediri - Jatim Reviewed by Ardya Garini on 22:08 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.