Hasil Kontes Nasional Rex Weyauwega, Wisconsin, US, 2016

Tahukah anda bahwa kelinci-kelinci rex berkualitas yang kini berkembang di Indonesia saat ini, mayoritas bibitnya didatangkan dari Amerika? Walaupun ras kelinci rex ini ditemukan diperancis, namun Amerikalah yang bisa dibilang sangat berperan besar dalam kemajuan kualitas rex yang berkembang hingga saat ini.

Sebagai pecinta kelinci rex, tentu saya sangat penasaran dengan dunia perkelincian rex yang ada di sana. Penasaran akan kualitas rex yang dimiliki oleh breeder-breeder disana, apakah masih jauh lebih baik di Amerika atau hanya berbeda tipis dengan kualitas breeder di Indonesia. Untuk itulah saya selalu mengikuti update-update terbaru koleksi breeder disana dan memang kegiatan ini sangat menyenangkan bagi saya. Saya begitu takjub melihat koleksi mereka, begitu montok, bahenol, bohay, dan untuk kualitas Furnya walaupun hanya dengan melihat saja, sudah terlihat membal, halus, rata dan padat.

Dalam Blog ini, saya juga akan berbagi sedikit kepada anda tentang kabar perkelincian rex yang telah saya ikuti dari Amerika, supaya anda juga bisa melihat dan menilai sendiri bagaimana kualitas kelinci yang ada di sana.

Tidak ada yang paling tepat untuk memberikan kabar yang paling bagus selain dengan memberikan kabar tentang HASIL KONTES NASIONAL yang telah berlangsung disana. Tepatnya baru saja berlangsung pada tanggal 7-8 Mei 2016 di Wisconsin, US. Langsung saja simak hasilnya di bawah ini.

1. BIS (Best in Show)

Gelar Best In Show bisa dibilang adalah gelar terbagus yang bisa kita peroleh dalam mengikuti ajang kontes perkelincian. Jika perlombaan tersebut diikuti oleh banyak jenis Ras (tidak hanya rex) , Maka yang dimaksud dengan BIS adalah yang terbaik dari yang terbaik yang bisa mewakili seluruh Ras yang diperlombakan. Dan kali ini, Gelar BIS diperoleh kelinci rex dengan varian Broken Black hasil breeding Dennis Rolof.
Dennis Rolof with their Champion Rex


Karena kontes ini adalah kontes khusus untuk rex, Gelar BIS disini sebenarnya mempunyai makna yang sama dengan Gelar BOB (Best Of Breed). Pada kontes umum (macam2 Ras), gelar BOB adalah gelar terbaik yang diberikan pada salah satu jenis Ras. Gelar yang ada sedikit dibawah BOB adalah BOSB (best opposite sex breed). Gelar ini diberikan kepada lawan jenis BOB yang paling bagus. Jika yang mendapat BOB adalah Betina, maka akan di cari jantan terbaik yang pantas menyandang gelar BOSB.

Karena si Broken black ini menyandang gelar BIS/BOB, sudah tentu si Broken Black ini pada perjuangan awalnya juga telah mendapat gelar BOV (Best of Variety). Best of Variety adalah gelar terbaik yang diberikan pada setiap varian warna yang ada.

2. RIS (reserve in Show)
RIS adalah Gelar terbaik ke dua di dalam sebuah show yang diberikan kepada lawan jenis terbaik dalam sebuah Show (BIS). Jika BIS dalam sebuah show adalah Betina terbaik, Maka RIS adalah jantan terbaik atau sebaliknya. Karena pada kontes ini khusus jenis REX, maka gelar RIS disini sebenarnya mempunyai makna yang sama dengan gelar BOSB jika didalam kontes macam-macam Ras.




3. BOV Castor
4. BOV Amber
 
5. BOV Chincilla

6. BOV Lilac

7. BOV Blue

8. BOV Lynx

 

9. BOV Black
10. BOV Otter

11. BOV Californian

12. BOV REW

13. BOV Choco


Picture Source : Rods Of Joy Photography, By: Kimberly Swinhart at Rex Nationals Show Weyauwega, Wisconsin Mei 2016







Hasil Kontes Nasional Rex Weyauwega, Wisconsin, US, 2016 Hasil Kontes Nasional Rex Weyauwega, Wisconsin, US, 2016 Reviewed by Ardya Garini on 09:34 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.