Kontes Kelinci Perdana Regional Jatim di Kediri (kampus II UNP kediri)

Pada postingan kali ini, kami turut membagikan kabar yang sangat membahagiakan pada pecinta kelinci hias. Kabar yang ingin kami sampaikan adalah bahwa Kontes Kelinci Perdana Regional Jatim di Kediri (kampus II UNP kediri) sebentar lagi akan di gelar tepatnya pada tanggal 05 Februari 2017.

Tidak semua ras dalam even ini akan dipertandingkan, beberapa ras murni yang dipertandingkan adalah :
Jenis Kelinci:
- Rex
- New Zealand White
- Flemish Giant
- Mini Rex
- Holland Lop
- Nedherland Dwarf
- Fuzzy Lop.

Mengapa kami bilang, even ini adalah even perdana di Jatim? karena dalam even lomba kelinci hias disini dipertandingkan sesuai dengan standar kriteria yang digunakan pada kontes nasional yakni sesuai dengan SOP ARBA, yang selama ini belum pernah diadakan di JATIM.  SOP ARBA sendiri adalah standar kriteria yang benar yang sudah diakui di Dunia. Dari kabar yang saya dengar, akan ada sedikit keringanan yang akan dirubah sedikit mengingat kontes perdana ini sebenarnya juga bertujuan untuk mengenalkan khususnya kepada masyarakat/ peternak awam atau belum mempunyai kualitas yang sesuai standar. Keringanan tersebut adalah peniadaan Disqualifikasi. Tujuannya adalah mengajak masyarakat atau peternak tidak takut atau kurang percaya diri karena khawatir kelincinya tidak memenuhi kriteria bisa lega dan mau mengikuti kontes. Masih takut untuk membawa kelinci hias anda ke kontes? Ngapaaaain takut.. :D

Kontes kelinci sendiri diadakan sebenarnya bukan hanya semata-mata untuk mencari siapa juaranya, namun lebih bertujuan pada pembelajaran/edukasi terhadap para peternak supaya lebih memahami kualitas dan mempunyai program breeding yang benar. Adapun kontes adalah sebagai wadah untuk menilaikan kelinci kita sehingga kita mempunyai program evaluasi breeding melalui kontes tersebut. Kontes sendiri adalah wadah yang sangat bagus untuk menyatukan visi peternak terutama yang mempunyai dedikasi tinggi terhadap kemurnian ras. Selain itu, otomatis semangat para peternak juga akan terbangun dan selalu ingin meningkatkan kualitas didalam kandangnya.

Adapun klasifikasi yang lain selain kontes kelinci hias (Ras Murni), Panitia juga menyelenggarakan even kontes hiburan (pelengkap) yang bisa diikuti oleh semua peternak/pecinta kelinci jatim.Yakni : Lomba Makan Pisang, Lomba Lari, Fashion Show dan Adu Bobot.

Oya, kontes ini nanti juga dihadiri oleh breeder-breeder terkenal Indonesia lo.. Beberapa di antaranya adalah QRI Cipanas-Bogor, Rea Kelinci Bandung dan KPK Jogja.

Sekian aja deh infonya. Jangan Lupa Harus dateng!!! Yang punya kelinci pokoknya wajib datang, baik sebagai penonton maupun sebagai peserta! Rugi banget kalo gak dateng, kapan lagi kita bisa mengenal kelinci ras dengan benar!

Trimakasih kepada panitia penyelanggara yakni Shine Mandiri Kediri,(mas Heri, Dkk.) Sukses terus ya!




Kontes Kelinci Perdana Regional Jatim di Kediri (kampus II UNP kediri) Kontes Kelinci Perdana Regional Jatim di Kediri (kampus II UNP kediri) Reviewed by Ardya Garini on 03:35 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.